MEMUPUK JIWA NASIONALISME DAN PATRIOTISME MELALUI LOMBA GERAK JALAN/PBB

  • Aug 12, 2024
  • Rastono Sumardi
  • Pendidikan, Artikel

BONUA SASTRA BANGGAI - Mengapa dalam setiap peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia hampir di semua tempat dari Kota sampai ke desa melakukan Lomba Gerak Jalan atau Lomba PBB?

Lomba Gerak Jalan/Lomba PBB memiliki nilai – nilai penting yang berkorelasi dengan nilai-nilai penting dalam meraih kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia lahir dengan rasa cinta tanah air dengan berbagai pengorbanan baik jiwa, raga bahkan nyawa. Kemerdekaan Indonesia bukan hadiah melainkan diraih dengan berbagai pengorbanan dan jutaan nyawa para pejuang melayang untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu pada momentum HUT RI tanpa terkecuali di HUT ke 79 RI tahun 2024 ini, di berbagai daerah selalu melaksanakan lomba gerak jalan atau lomba Peraturan Baris Berbaris.

 

Apa nilai yang ditanamkan dari Lomba Tersebut ?

Yuk kita bahas !

  1. Menanamkan Nilai Nasionalisme

Nasionalisme adalah paham kebangsaan yang tumbuh karena adanya persamaan nasib dan sejarah serta kepentingan untuk hidup bersama sebagai suatu bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, demokratis dan maju dalam satu kesatuan bangsa dan negara serta cita-cita bersama guna mencapai, memelihara dan mengabdi identitas, persatuan, kemakmuran dan kekuatan atau kekuasaan negara bangsa yang bersangkutan.

Tujuan Nasionalisme :

  • Menjamin kemauan dan kekuatan mempertahankan masyarakat nasional melawan musuh dari luar sehingga melahirkan semangat rela berkorban.
  • Menghilangkan Ekstremisme (tuntutan yang berlebihan) dari warga negara (individu dan kelompok).
  1. Menanamkan Nilai Patriotisme

patriotisme adalah sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.

Jika patriotisme adalah jiwa rela berkorban demi negaranya, maka nasionalisme adalah paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki rasa kebanggaan sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa.

 

  1. Menanamkan Sikap Displin dan Kerjasama Tim

Melalui Lomba Gerak Jalan/Lomba PBB ditanamkan sikap disiplin dan kerjasama tim. Sikap disiplin dan kerjasama tim adalah sikap penting dalam sebuat perjuangan. Tanpa disiplin yang tinggi kita akan mudah ditemukan kelemahan oleh musuh untuk menyerang kita. Tanpa kerjasama tim yang baik maka kita tidak akan mampu memiliki kekuatan besar yang di disegali lawan. Kerjasama tim menunjukan persatuan dalam satu komando perjuangan.

 

  1. Pembinaan Fisik

Membangun bangsa yang kuat baik kuat secara fisik dan mental sangatkan penting. Perjuangan membutuhkan energi yang besar untuk terus bergerak, bertahan dan menyerang. Seorang pejuang harus memiliki fisik yang terlatih untuk menghadapai segala tantangan fisik di medan perjuangan untuk menjadi pemenang.

 

Kesimpulannya Lomba Gerak Jalan atau PBB merupakan kegiatan yang penuh  makna dan nilai yang selaras dengan nilai-nilai Kemerderkaan yang harus terus dipertahankan terutama pada setiap momentum peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

DIRGAHAYU KE-79 REPUBLIK INDONESIA

NUSANTARA BARU

INDONESIA MAJU

 

Luwuk, 12/08/2024

 

Penulis : Rastono Sumardi

Sekretaris DKISP Kabupaten Banggai