FENOMENA APHELION

  • Jul 20, 2024
  • Iin Muthia Nurdin
  • Artikel

Apa itu Fenomena Aphelion? 

 

Fenomena Aphelion sedang berlangsung pada bulan Juli. Fenomena ini alamiah dan normal terjadi setiap tahunnya di bulan Juli. Fenomena astronomi ini berkaitan dengan jarak antara Bumi dengan Matahari.
Lantas apa dampak dari fenomena Aphelion terhadap kondisi di Bumi? Apakah fenomena Aphelion ini berkaitan dengan penyebab suhu dingin di Bumi?

 

Aphelion adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika jarak Bumi berada di titik terjauh dengan Matahari. Fenomena  Aphelion terjadi setahun sekali pada kisaran bulan Juli. Demikian pengertian yang dikutip dari BMKG.

https://www.bmkg.go.id/berita/?p=fenomena-aphelion-berdampak-ke-cuaca-indonesia-bgini-penjelasannya&lang=ID&tag=press-release

Jika fenomena Aphelion ketika jarak Bumi pada titik terjauh dari Matahari, sebaliknya, fenomena Perihelion ketika jarak Bumi pada titik terdekat dari Matahari. Secara umum, Aphelion tidak memiliki dampak signifikan terhadap Bumi.

Di Indonesia, fenomena Aphelion akan terjadi pada tanggal 5 Juli 2024 pukul 12.06 WIB. Pada saat fenomena ini terjadi, maka jarak dari pusat Matahari ke pusat Bumi adalah 152.099.968 kilometer (km) atau sekitar 94.510.539 mil.
Menurut laporan BRIN, tanggal 5 Juli 2024 akan mulai terjadi fase Bulan Baru atau disebut New Moon. Bulan Baru terjadi ketika Matahari dan Bulan berada sejajar, dengan Matahari dan Bumi berada di sisi berlawanan dari Bulan.
Bulan Baru di bulan Juli ini akan muncul pada tanggal 5 Juli 2024 pukul 22.57 UTC atau tanggal 6 Juli 2024 pukul 05.57 WIB di Indonesia. Menurut Time and Date, pengamatan Bulan Baru tidak dapat dilihat karena terbit di siang hari.

Sedangkan Besok pada tanggal 21 Juli 2024, menurut laporan BRIN, akan mulai Bulan Purnama atau juga disebut Buck Moon. Mengutip Time and Date, waktu terjadi Bulan Purnama di Indonesia adalah pada tanggal 21 Juli 2024 pukul 17.17 WIB.
Bulan Purnama di bulan Juli ini disebut Bulan Rusa karena menandakan tanduk baru yang muncul di dahi rusa pada waktu ini berlangsung. Bulan Purnama di bulan Juli juga disebut dengan Bulan Guntur, Bulan Hay, dan Bulan Wyrt.