DKISP Banggai melaksanakan Sosialisasi Manageman Keamanan Informasi dan TTE

  • Jul 23, 2024
  • Rastono Sumardi
  • Pemerintahan, Berita

Luwuk -  Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai menggelar Sosialiasai Managemen Keamanan Informasi dan Implementasi tanda tangan elekrronik di Limkup Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, selasa (23/7/2024) bertempat di Hotel Santika Luwuk. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai Ir. Amirudin, MM, AIFO yang di dampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai Lesmana Kulap, S.Kom dan dihadiri oleh kepala Dinas/Badan/ dan Camat se-Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai dalam sambutannya menghimbagi agar Organisasi Perangkat Daerah segera menerapkan tanda tangan elektronik untuk menunjang pelayanan pemerintahan berbasis elektrronik. Selain itu Beliau menyampaikan Banggai sudah memiiki Command Center dan menjadi satu satunya di Provinsi Sulawesi Tengah, berharapa dapat dikelola dengan baik, aman dan bermanfaat.

Sebagaimana di sampaikan oleh Kepala Bidang Persandian DKISP Banggai Suliyanti Ahmad, SE dalam laporan panitia bahwa tujuan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan informasi dan persandian dan meningkatkan pemahaman tentang implementasi tanda tangan elektronik dalam pemerintahan.

Dalam kegiatan tersebut mengadirkan Narumber  Nurman Yohan Supandji, S.ST, MT, Sandiman Ahli Madya Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)  dengan materi sosialisasi yaitu :

  • Persandian dalam implementasi SPBE
  • Tanda Tangan Elektronik
  • Peraturan Bupati Nomor 102 Tahun 2022 Tentang Persandian dan Pengamanan Infomasi
  • Peraturan Bupati Banggai Nomor 103 Tahun 2022 tentang penggunakan Sertifikat Elektronik

Melalui kegiatan ini diharapakan adanya pemahaman dan ketrampilan dalam menjaga keamananan informasi dan persandian untuk diimplementasi dalam berbagai administrasi pemerintahan untuk mendukung layanan masyarakat yang berbasis elektronik.